Tidak berpotensi Tsunami

Bali Diguncang Gempa Magnitudo 3,7

Ilustrasi gempa

BALI--(KIBLATRIAU.COM)-- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,7 menguncang wilayah Denpasar, Bali pada Ahad (6/11) pada pukul 07.46 WITA. Gempa berlokasi di darat pada jarak 9 km barat Gianyar pada kedalaman 27 km."Jenis dan mekanisme gempa bumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," kata Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho dalam keterangannya, Ahad (6/11/2022).

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Denpasar dan Seminyak, Kabupaten Badung. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda yang digantung bergoyang."Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," imbuhnya.

Gempa bumi susulan hingga pukul 07.58 Wita dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.Namun, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya."Dan agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ujarnya.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar